Pendakian Gunung Lawu 3.265 mdpl via Cemoro Sewu

Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Gunung Lawu merupakan gunung api istirahat yang sudah lama tidak aktif. Dengan ketinggian 3.265 mdpl, Gunung Lawu memiliki 3 puncak yaitu puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah-yang merupakan puncak tertinggi. Dikenal sebagai gunung keramat, Gunung Lawu sangat popular di kalangan para peziarah dan pelaku spiritual. Oleh karena itu setiap malam 1 suro banyak orang berziarah dengan mendaki hingga ke puncak.
gunung lawu
Gunung Lawu
Ada 3 jalur pendakian Gunung Lawu yang biasa dilewati pendaki yaitu :
  1. Jalur pendakian via Cemoro Kandang
  2. Jalur pendakian via Cemoro Sewu
  3. Jalur pendakian via Candi Cetho
  4. Jalur pendakian via Jogorogo
Gunung Lawu berada di antara tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan. Menjadi batas antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu sangat diminati oleh para pendaki khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta para peziarah. Tak jauh dari tempat wisata Telaga Sarangan, untuk menuju ke pos perijinan juga tidak susah. Dari terminal maospati bisa naik angkot untuk sampai di area pos perijinan pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu merupakan jalur yang sering dilewati oleh pendaki maupun peziarah karena waktu pendakian yang relatif singkat dan adanya warung kecil di Pos 1 maupun di Puncak Hargo Dalem. Hal ini karena banyaknya peziarah dan menjadi sedikit keuntungan bagi para pendaki karena tidak perlu membawa banyak logistik.

Trek di jalur pendakian via Cemoro Sewu berupa tanjakan berbatu namun waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Puncak Gunung Lawu relatif singkat. Medan pendakian hampir tak jauh beda dengan pendakian Gunung Arjuno via Tretes. Rute pendakian akan melewati 5 pos sebelum menuju ke puncak gunung Lawu.


Basecamp - Pos 1

Dari basecamp ke pos 1, jalur pendakian masih datar dengan jalur berupa makadam yang rapi. Vegetasi menuju Pos 1 juga belum terlalu rapat karena belum benar-benar masuk hutan. Pos 1 ditandai dengan beberapa bangunan di kanan dan kiri berupa warung kecil yang bisa digunakan untuk istirahat, sekaligus shelter.
pos 1 gunung lawu via cemoro sewu
Pos 1


Pos 1 - Pos 2

Selepas Pos 1, pendakian ke pos 2 mulai memasuki hutan. Jalan mulai menanjak dan cukup melelahkan dengan trek berbatu akan membuat kaki semakin pegal. Pos 2 ditandai dengan sebuah shelter di sisi tebing dan lokasinya cukup luas.
pos 2 gunung lawu via cemoro sewu
Pos 2

Pos 2 - Pos 3

Dari Pos 2 ke Pos 3, trek pendakian relatif sama, berupa bebatuan besar dan menanjak. Pos 3 ditandai dengan shelter yang hampir rusak karena sebagian sudah tanpa atap.
pos 3 gunung lawu via cemoro sewu
Pos 3

Pos 3 - Pos 5

Jalur pendakian dari Pos 3 masih sama dengan jalur bebatuan dan lebih menanjak lagi. Mendekati Pos 4, jalur mulai terbuka. Pos 4 tidak seperti pos yang lain. Hanya ada tanda berisi keterangan bahwa disitulah pos 4. Untuk menuju ke pos 5 tidak diperlukan waktu panjang. Di antara pos 4 dan pos 5 ada sumber air yang terkenal keramat bernama "Sendang Drajat".
pos 4 gunung lawu via cemoro sewu
Pos 4
Dari pos 5 menuju ke Sendang Drajat, jalan sudah datar dan sedikit menurun. Sendang Drajat merupakan nama sumber mata air yang lokasinya tidak terpaut jauh dengan Warung fenomenal di Gunung Lawu, yaitu "Warung Mbok Yem", warung tertinggi di Indonesia yang terkenal di Gunung Lawu.
sumber air sendang derajat di gunung lawu
Sumber Air di Sendang Drajat

Pos 5 - Puncak Gunung Lawu

Warung Mbok Yem sudah terkenal di kalangan pendaki. Warung ini memberikan keringanan bagi para pendaki karena tidak perlu membawa logistik yang terlampau banyak. Di warung Mbok Yem juga menyediakan tempat untuk bermalam bagi pendaki yang tidak membawa tenda, dengan tempat yang lumayan luas untuk sekitar 30'an orang.

Jika cuaca bagus, lautan awan Gunung Lawu sangat menawan saat sunrise. Menikmati lautan awan yang menawan tidak perlu ke Puncak Hargo Dumilah, karena Hargo Dalem tidak kalah menakjubkan. Menikmati sunrise sambil mencicipi kopi hangat atau teh hangat di pagi hari tentu sangat nikmat. Habis?, silahkan order ke Warung Mbok Yem di belakang.
lautan awan  di lereng  gunung lawu
Lautan Awan di Hargo Dalem

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Hargo Dumiling, Hargo Dalem dimana warung Mbok Yem berada dan Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi 3.265 mdpl. Dari Puncak Hargo Dalem Gunung Lawu ke Puncak Hargo Dumilah dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jalan bebatuan menanjak yang lebih terjal. 
puncak gunung lawu hargo dumilah
Puncak Lawu
Ada beberapa lokasi menarik di Hargo Dalem. Tak jauh di belakang warung Mbok Yem, ada tempat petilasan yang dipercaya sebagai tempat moksa Prabu Brawijaya. Dari tempat petilasan ini, bisa memilih jalur turun melalui jalur Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho atau tetap turun via Cemoro Sewu. Tidak jauh disana pula ada rumah kaleng, yaitu sebuah bangunan yang terbuat dari kumpulan kaleng dan botol yang dibuang para pendaki.

Petilasan Prabu Brawijaya
rumah kaleng di gunung lawu
Rumah Kaleng / Rumah Botol

Tips Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu :
  1. Adanya warung di sepanjang jalur pendakian seperti Pos 1 dan Hargo Dumilah bisa menjadi keuntungan untuk perhitungan logistik.
  2. Lebih baik tidak selalu tergantung dengan tempat istirahat di Warung Mbok Yem. Jika musim libur, tempat istirahat di dalam warung Mbok Yem penuh dengan pendaki, jadi lebih baik tetap siapkan tenda ketika musim/hari libur.
  3. Jika ingin tektok, berangkatlah malam dan perhitungkan itinerary waktu agar bisa mengejar sunrise di puncak.
  4. Menikmati sunrise yang baik adalah di Hargo Dalem - area Warung Mbok Yem dan area Puncak Hargo Dumiling.
  5. Waspadai pendakian ketika musim kemarau, karena bisa jadi rawan kebakaran hutan. 
  6. Jangan mencemari sumber air di Sendang Derajat karena dikenal sebagai mata air keramat.
  7. Gunung Lawu merupakan tempat spiritual, jagalah sikap selama pendakian.
    gerbang pendakian ke gunung lawu via cemoro sewu
    Cheers...
Itinerary Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu :
Basecamp - Pos 1   : 30 menit
Pos 1 - Pos 2   : 1 jam
Pos 2 - Pos 3   : 1 jam 30 menit
Pos 3 - Pos 4   : 1 jam 30 menit
Pos 4 - Pos 5   : 30 Menit
Pos 5 - Puncak Hargo Dalem : 15 Menit
Puncak Hargo Dalem - Puncak Hargo Dumilah : 20 menit


Baca : 

Menguak Sejarah dan Ratusan Situs Purbakala Gunung Penanggungan
Tips Berkemah Dalam Kondisi Cuaca Hujan 
Pendakian Gunung Arjuno 3.339 mdpl via Lawang

Share :

Facebook Twitter Google+

10 Responses to "Pendakian Gunung Lawu 3.265 mdpl via Cemoro Sewu"

  1. mantab nih mbak ceritanya...membuat saya terisnpirasi untuk menulis cerita pengalaman pendakian

    ReplyDelete
  2. mba udh expert ya..hehehe 05.20 sudah sampe puncak..Luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe,,, tapi jam 05.20 dari mana ya mas??

      Delete
  3. Salam Kenal gan keren perjalananya

    ReplyDelete
  4. Makasih om atas infonya, ane baru dari sana kemaren

    ReplyDelete

Welcome....!!!