Pendakian Gunung Rinjani 3.726 mdpl via Sembalun-Senaru

Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun-Senaru. Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia dengan tinggi 3.726 mdpl dan masuk dalam jajaran 7 summit Indonesia. Gunung Rinjani termasuk gunung favorit para pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya di sepanjang jalur pendakian. Kaldera yang luas ditambah danau segara anakan yang melingkar bening kebiruan membuat para pendaki tergiur untuk menapaki gunung tertinggi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.
segara anakan
Keindahan Segara Anakan Gunung Rinjani
Dengan waktu normal pendakian sekitar 4-5 hari, ada tiga jalur yang sering dipilih para pendaki untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, yaitu :
  1. Jalur pendakian via Sembalun
  2. Jalur pendakian via Senaru
  3. Jalur pendakian via Torean
Para pendaki biasanya naik via Sembalun dan turun lewat Senaru begitu pula sebaliknya. Keindahan alam yang ditawarkan di sepanjang Sembalun-Senaru sangat sayang untuk dilewatkan. Pendakian via Torean yang masih tergolong baru'pun harus menggunakan jasa guide yang cukup mahal tentunya.

Perjalanan menuju basecamp pendakian via Sembalun bisa ditempuh dari Bhandara Internasional Lombok dengan menyewa mobil dengan tarif sekitar Rp.500.000. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam hingga sampai di Sembalun.

Memulai pendakian Gunung Rinjani dari pos pendaftaran dilanjutkan berjalan sekitar 1 kilometer. Di sekitar jalur ada beberapa warung dan toko untuk mengisi kebutuan logistik. Guide dan porter pendakian via Sembalun juga bisa dicari disini.


Basecamp - Pos 1

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun awalnya melewati persawahan dan ladang penduduk. Sejauh mata memandang hanya ada padang rumput yang dikelilingi oleh perbukitan. Meadow heat and some cows, enjoy it.
savana gunung rinjani
Padang Savana yang harus dilalui

Hingga sampai di pos 1, jalur hanya berupa padang rumput yang luas dan panas, namun cukup menyejukkan mata. Setelah melewati sebuah jembatan dengan air yang sudah kering dengan petunjuk arah menuju ke pos 1, menunjukkan pos 1 sudah dekat.

Pos 1 - Pos 2

Dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu yang lama dengan trek sedikit menanjak dan sesekali melewati rerimbunan pohon yang bisa digunakan untuk beristirahat dari panas yang menyengat. Ada shelter yang bisa digunakan untuk melepas lelah di tengah padang rumput yang luas.

Pos 2 berada di dekat jembatan dan di pos ini bisa digunakan untuk camp karena lokasinya yang luas, datar dan adanya sumber air. Ada sebuah toilet yang sengaja dibangun di lokasi, itu dibuat karena jalur pendakian Gunung Rinjani dari awal hanya berupa padang savana.

Pos 2 - Plawangan

Jalur pendakian Gunung Rinjani dari pos 2 ke Plawangan lumayan jauh dan sangat menguras tenaga. Trek terus menanjak dengan medan tanah padat bercampur batu besar. Minimnya pepohonan yang menghalangi sengatan matahari akan menambah berat pendakian. Untuk ke Plawangan harus melewati 7 bukit yang teduh namun sangat melelahkan and you need to fill a lot of energy.
jalur pendakian gunung rinjani via sembalun
Pemandangan di jalur Pendakian
Ketika sampai di dekat sungai, ada shelter di dekat gua yang cukup luas untuk beristirahat. Kera abu-abu banyak ditemui di sekitar gua untuk mencari makan dari pendaki yang beristirahat di tempat ini. Setelah itu jalur pendakian masih tetap dengan jalur menanjak berupa tanah padat dan berdebu hingga tiba di Plawangan.
Plawangan adalah pos terakhir di Gunung Rinjani sebelum summit and this is awesome spot to enjoying the natural scenery. Segara Anakan sudah tampak disini. Jalur pendakian dan tempat camp terbaik adalah berlanjut naik ke jalur arah kiri karena dekat dengan sumber air dan juga dekat dengan jalur menuju Segara Anakan atau jalur menuju pintu Senaru. Disana, puncak Gunung Rinjani tampak menjulang dengan lerengnya yang bergaris indah. 

plawangan
Plawangan

Plawangan - Puncak Gunung Rinjani

Summit ke puncak Gunung Rinjani baik dilakukan pada dini hari untuk mendapat sunrise. Trek pendakian ke Puncak Rinjani berupa pasir padat berbelok-belok. Jalur tanah padat yang panjang, merupakan batas vegetasi. Di area ini angin berhembus kencang bercampur dengan dingin dan rawan dengan badai malam. Bebatuan jarang ditemukan untuk berlindung dari badai malam, namun semakin naik ke atas, bebatuan yang cukup panjang dan lebar bisa untuk berlindung dari badai malam.
jalur pendakian gunung rinjani
Rinjani tampak megah
trek pendakian gunung rinjani
Trek Berpasir yang Panjang
Selanjutnya trek berupa trek berpasir dengan pasir yang lebih tebal dari sebelumnya. Trek berpasir ini cukup panjang dan menguras tenaga, jadi jangan lupa untuk membawa logistik yang mencukupi. Berbeda dengan trek pasir Gunung Semeru yang lurus menanjak, ada dua tikungan yang harus dilalui untuk menuju Puncak Gunung Rinjani. Slow and don't give up.
Disini pemandangan bebatuan lereng Gunung Rinjani tampak indah. Bunga edelweiss tumbuh di lereng sebelah kiri sementara Segara Anakan tampak di sebelah kanan, diapit lereng Gunung Rinjani yang tampak mempesona. Hingga setelah melewati sebuah batu besar, puncak Gunung Rinjani sudah semakin dekat.
How the beautiful view on the higest mountain of West Nusa Tenggara!. Sampainya di puncak Gunung Rinjani akan tampak jalur berpasir hingga plawangan, deretan pegunungan di sekitar Rinjani dan segara anakan dengan air kebiruan yang indah. Dari kejauhan tampak juga Gunung Agung, gunung tertinggi dan paling disucikan di Pulau Bali yang tampak kecil di antara lautan awan.
puncak gunung rinjani
Puncak Gunung Rinjani 3726 mdpl

Plawangan - Segara Anakan

Tidak dibutuhkan waktu lama untuk kembali ke Plawangan. Trek berpasir memudahkan untuk turun lebih cepat, walaupun sangat berdebu. Untuk turun via Senaru, perjalanan akan dilanjutkan turun ke Segara Anakan Gunung Rinjani. Ada jalan turun kekiri di Plawangan yang akan mengantar ke Segara Anakan. Jalur turun ini cukup curam, berupa bebatuan besar menuruni bukit dengan pepohonan lebat. Setelah sampai di bawah bukit, jalur akan semakin rapat landai, menandakan hampir tiba di Segara Anakan.
segara anakan
Danau Segara Anakan
Quiet, silent, clear and fresh can be felt here. Danau segara anakan di Gunung Rinjani dengan ketinggian 2.010 mdpl menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda karena pemandangan indah danau cocok untuk bersantai dan melepas lelah. Segara Anak merupakan salah satu Danau Terindah di Indonesia Di Danau Segara Anak, bisa memancing, berenang, memasak dan mencari air. Ada sumber mata air di sekitar danau segara anakan dan ada juga sumber air panas yang biasanya digunakan pendaki untuk membersihkan diri atau berenang. So which do you like?, warm water or cold water?.
segara anakan
Foto Bersama Satu-satunya Tim "Power Rangers"

Segara Anakan - Pos 2 Senaru

Perjalanan turun Gunung Rinjani melewati jalur Senaru memang harus turun ke Danau Segara Anakan, lalu kembali naik melewati bukit yang membatasi danau. Perjalanan melipir tebing adalah trek yang paling melelahkan karena harus kembali naik lagi untuk turun via Senaru. Medannya berupa batu-batu besar dengan pagar besi panjang sebagai pembatas. 
bukit penyesalan
Bukit Penyesalan
Ketika sampai di atas, maka akan tampak bukit lagi yang harus didaki denagn trek yang sama, lumayan menguras tenaga. Pemandangan di sekitar perjalanan akan membayar semua kelelahan hingga sampai ke puncak bukit terakhir. Sampai di puncak bukit terakhir akan tampak bukit teletubbies, di lokasi yang dipenuhi bebatuan dan rumput ini bisa juga mendirikan tenda di beberapa titik datar. Untuk perjalanan turun, harus berjalan ke kanan, melipir dinding bukit sebelum turun menuju ke sebuah shelter.
tanjakan penyesalan
Perjalanan Turun yang Naik
plawangan senaru
Puncak Bukit terakhir sebelum Perjalanan Turun
Perjalanan turun cukup curam, untuk menuju ke pos 2 Senaru, jalur dikelilingi oleh pepohonan besar dan harus melewati akar-akar pohon yang mencuat keluar dari dalam tanah dan membentang di sepanjang jalur. Selain shelter di pos 2, bisa juga mendirikan tenda karena lokasinya yang teduh dan luas.


Pos 2 Senaru - Basecamp

Perjalanan turun ke basecamp Gunung Rinjani via Senaru jalur sudah landai dan menurun. Dari pos 2 hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di pintu masuk jalur pendakian Senaru. Di pintu Senaru ada warung dan gubuk yang cukup luas untuk melepas lelah dan mengisi perut sebelum atau sesudah pendakian.
jalur pendakian gunung rinjani via senaru
Akhir Perjalanan di Pintu Senaru
Itinerary pendakian Gunung Rinjani via Sembalun - Senaru :
Basecamp Sembalun - Pos 2 : 4,5 jam
Pos 2 - Plawangan : 8 jam
Plawangan - Puncak : 6 jam
Puncak - Plawangan : 2,5 jam
Plawangan - Segara Anakan : 4 jam
Segara Anakan - Pos 2 Senaru : 14 jam
Pos 2 Senaru - Basecamp Senaru : 1 jam 

Untuk melihat vidio pendakian Gunung Rinjani klik di bawah ini : 

Rinjani-1 : Basecamp - Pos 2
Rinjani-2 : Pos 2 - Plawangan
Rinjani-3 : Summit Attack
Rinjani-4 : Plawangan - Pintu Senaru
Rinjani-5 : Senaru - Perjalanan pulang jalur darat

Baca : 
7 Tips Melakukan Pendakian Nyaman di Masa Haid
Pendakian Gunung Ungaran 2.050 mdpl via Basecamp Mawar

Share :

Facebook Twitter Google+

95 Responses to "Pendakian Gunung Rinjani 3.726 mdpl via Sembalun-Senaru"

  1. Gan,,, sepanjang jalur pendakian ada sumber air ga? Kalau ada dimana aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di pos 2 sembalun, plawangan dan segara anakan :D

      Delete
  2. sunset sama sunrisenya gak terkalahkan kalo menurut ane di gunung rinjani ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang indah pemandangannya, tak salah tergolong gunung tercantik di Indonesia,, hehee

      Delete
  3. Info updatenya donk, ada rencana ke segara anak tanggal 22 januari, apakah trek pendakian masih ditutup?

    ReplyDelete
  4. Untuk cuaca saat bulan januari gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. desmeber kemarin sudah hujan dan bagai di pegunungan rinjani. Lalu karena aktivitas vulkanik, pendakian hanya sampai plawangan hingga waktu yg blm dipastikan.. :D

      Delete
  5. Mba Cee PriscaFelic, kalau boleh tahu kemaren waktu turun jam berapa start dari Segara Anakan? Dimana saja tempat dirikan tenda yg baik saat turun? Lagi ngumpulin info nih buat ke Rinjani Mei/Juni 2016 ini. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Start jam 9 pagi dari segara anak ke Senaru. di spnjang prjlanan turun bisa camp di plawangan senaru (tiba sore). turun dikit dari plawangan ada shelter dan tmpat luas buat camp. Kalau lanjut turun, di pos 3 dan pos 2 (ada shelter) juga lumayan luas tempatnya cocok buat camp kalau kelelahan/kemalaman. :)

      Delete
    2. mau nambahin nih :-)
      kalo mau cepet sampe pintu senaru ,start jam 7an aja bisa di gas sambil santai jam 5an juga sampe.
      kalo mau rest makan siangnya di bawah plawangan senaru ada pos tuh ,kalo kesorean bisa camp di pos2 ..
      untuk summit(bawa SB yaa) :V

      Delete
    3. Sip mba Cee dan mas Ari. Infonya sangat jelas. Terima kasih :)

      Delete
  6. Replies
    1. Sepertinya mas Sutomo Paguci mau kesana bisa barengan tuh,, hehee :D

      Delete
  7. Hello. Mau nanya, brapa harga paket pendakiannya ya? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum buka paket pendakian, karena ini cuma catatan perjalanan.. berangkat sendiri ga sampe 2 jutaan kx :)

      Delete
  8. Mei rame gaak.? Rencananya mei mau jln

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau awal mei hari libur pastinya sih rame,, apalagi ga ada batasan jumlah pendaki.. tapi Rinjani luas kc tmpatnya,, di Plawangan sembalun yg biasanya full tenda

      Delete
  9. Bang mau nanya .. katanya wajib sewa porter dan guide yah .. berapaan perhari biayanya ? saya rencana tgl 30 April 2016 ke rinjani cuman masih blank .. mohon infonya .. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak wajib sewa, yang wajib sewa guide itu di Gunung Agung gan. Kalau sewa porter dan guide dsana mahal bisa nembus 1-2 jutaan atau lebih

      Delete
    2. hmm .. bisa bantu nda kali aja ada link disana yg bisa di hubungi buat ngantar atau tips2 nya gan ..

      Delete
    3. Maaf gan untuk Rinjani saya ga punya link disana.. jalur sudah cukup jelas kx.. tips camp di pos 2 atau plawangan sembalun yg ada sumber airnya..

      Delete
    4. Om zhoel jd brngkat tgl 30 april?, ini kita jg mau kesana. Start dr mana om??

      Delete
  10. kk kalo untuk summit nya pas itu start jam berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas itu start jam 1 pagi dan kena badai 2 jam,,

      Delete
  11. Nice journey you got there. Can I have your email? I'm interested to know more about mt. Rinjani.

    ReplyDelete
  12. selama pendakian 4 hari itu, ada tempat buat mandi gak Gan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. bisa mandi di segara anakan itu.. atau agak ke bawah ada juga sumber air hangatnya biasanya banyak yg mandi disitu.

      Delete
  13. Mau tanya sdkt, kalau nda pake porter dan memakai kompas bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur resmi sembalun dan senaru tanpa kompas sudah sangat jelas. Porter atau guide tidak wajib.. :)

      Delete
  14. Tgl 22 april ini Insya Allah saya bersama 3 sahabat,,akan menyambangi dan menikmati keindahan alam Rinjani..Semoga semesta menghendaki..

    ReplyDelete
  15. Rinjani emang super ngangenin gan..
    Saya pengen balik lagi.. Semoga tahun ini bisa.. Aamiin

    Mampir ke catatan saya juga gan..
    http://www.menggapaiangkasadunia.web.id/2014/10/3726-mdpl-menggapai-surga-di-bumi.html

    ReplyDelete
  16. Apakah sudah dibuka via sembalun,rencana tgl 17 start dri sby.mngkin ampe semvalun 18 april.q gabung poo.2 orang.081330441153

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sudah ya,, coba di cek di CP basecampnya aja mas :
      DepHut :(0370) 27851
      Pengelola :(0370) 627764, 085367588494(Mas Lihun),
      OfickMtpl : 081803644654

      Delete
  17. mantep ni buat referensi perjalanan.. makasi ya ud nulis detail, smoga bisa mampir kesana ;)

    ReplyDelete
  18. Temen2..lg butuh info porter ke rinjani via sembalun,barangkali ada yg punya CP nya mohon di email ya..
    Wawanbrf@gmail.com

    ReplyDelete
  19. halo, kalau dari basecamp ke plawangan sembalun ditempuh berapa jam ya? saya liat info diatas kog di tulis bc-pos2 4,5 jam dan pos2-plawangan sembalun 8 jam ya?
    soalnya ada yg bilang total basecamp-plawangan sembalun hanya 7 jam.

    mohon infonya, tks

    ReplyDelete
  20. ada yang mau join ke rinjani tanggal 25 mei 2016 ?
    #salamlestari

    ReplyDelete
  21. Ada transportasi lain gak dari bandara - basecamp selain nyewa mobil dg budget 500rb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada transportasi umum tp y gitu,klo g oper2 ya luama bang

      Delete
  22. sist,berapa orang anggota sista nanjak kemarin? pake porter gak?

    ReplyDelete
  23. Mau tanya itu mobil 500k sewanya gmn ya bawa sendiri apa antar jemput pk supir? Mengingat nanjak dan turunnya beda. Kalau antar-jemput boleh minta cp nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sewa langsung di bhandara lombok praya.. banyak yg nawarin transport... kalau rombongan sewa disana gan,

      Delete
  24. Gan saya nyari barengan nih dari bogor sendiri.
    Rencana berangkat tgl 01 juli.
    Cp endang saepudin, 0857-1545-7020.

    Hatur nuhun & Salam Lestari.

    ReplyDelete
  25. Adakah yg brgkat tgl 24 start soekarno hatta??

    ReplyDelete
  26. Gua tahun depan ah. Absen dlu... Hehehehe. . Bagus nih penulis. Menginspurasi.

    ReplyDelete
  27. Gua tahun depan aja ahh.... Cerita sangat menginspirasi..

    ReplyDelete
  28. Cari barengan,, start 24juli pagi dari sembalun.
    Saya dari jogja 083869461151

    ReplyDelete
  29. pengen deh trekking yg low cost tp hrs dg temans, secara blm prnh pun ke sana, pke agent pst mahal...salam dari Borneo

    ReplyDelete
  30. keren kak. salutt (y) . btw logistiknya bawa apa aja kok bisa bertahan 4 hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya logistik pada umumnya.. beras,lauk,dll

      Delete
  31. Untuk trek lebih ekstrim mana rinjani sama semeru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rinjani kayake.. trgntung yg mnjalani..heheee

      Delete
  32. Kali aja nih september nnti ada yg mau ksna boleh bareng? Rncana tgl 16 start dari malang, ksnanya dri bandara juanda surabaya..
    Bisa kontak : 081233182376
    Pin :5E48A019

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mas setya..sy rencana pendakian juga bulan september. bisa ikut bergabung g?

      Delete
  33. Saya mau tanya teman saya ada yang ke rinjani tp gak ke danau segara anak. Apa itu bisa? Naik sembalun turun lg sembalun? Apa jalurnya harus naik sembalun turun senaru? Thnk. Oiya saya mau tanya jg katanya porter dihitung 1 hari 200rbkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik smbalun turun smbalun bisa... klo tarif porter beda2 gan..

      Delete
  34. Alhamdullilah baru aja turun dari rinjani kemarin 7 sd 9 agustus heheheh,,mantab deh pokoknya rinjani banyak spot bagus buat foto :)

    ReplyDelete
  35. untuk di senaru buat ke bandara lagi, kendaraannya gampang? apa bisa kita booking PP pas kita dari bandara-sembalun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada trnsport yg bs ngantar smpe bhansara meski harus oper. Kalau langsung sprtinya harus sewa jasa trevel

      Delete
  36. Itu 4 hari udh stay lg di bandara apa gmna ?
    Bisa lebih cpet ga pendakian nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 hari pendakian normal start-finish sembalun-senaru. Bisa lebih cepat itu trgntung fisik gan

      Delete
  37. Ka kalau pendaki pemula kira-kira bahaya ga ya klau langsung naik rinjani?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TErgantung jg,, kalau ragu bisa sewa guide dan porter kok..

      Delete
    2. kalau pemula sebaiknya sewa guide dan porter...

      Delete
  38. permisi admin saya berencana pergi bareng istri, secara istri saya msih pemula buat hiking apa tidak terlalu bahaya jika di ajak mendaki ke rinjani?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih pemula sebaiknya sewa guide dan porter gan,,

      Delete
  39. cari barengan donk kakak"..
    rinjani 18-22 okt via sembalun?
    kali az bisa share cost..
    kita b2 dari jkt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga rencana berangkat tgl segitu dari jkt, bisa contact wa 085692849122

      Delete
  40. Sebelumnya TERIMAKASIH info mt.rinjaninya sangat2 bermanfaat.

    Haii.. Mas Bro & Mba Bro, jika ada yg berminat & cari barengan mendaki mt.rinjani bulan November 2016 minggu ke 2 via sembalun(Jika cuaca mendukung karena sampai saat ini terpantau daerah lombok hujan terus)
    please contact us WA 081216500116.

    just info crew : 1 laki dari bandung, 1 perempuan dari sulsel & sy sendiri dari Bali. lokasi meet up point Bandara Lombok.

    thanks.

    ReplyDelete
  41. Mbak itu 4 hari dari base camp sampe puncak terus turun lagi ato itungan dari bandara

    ReplyDelete
  42. ini keren ngan
    tapi mustahil bgiku
    tuk ksni..

    ReplyDelete
  43. mba, kalau ke rinjani, pake pendaftaran dulu ga? misalnya menyerahkan fotocopy KTP, atau surat kesehatan, dan ada tarif tiket masuknya ga, tarifnya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngurus simaksi di perijinan. Kalau sekarang mungkin menyertakan fotokopi KTP, surat dokter jg tidak wajib

      Delete
  44. Ms bro, klo bulan puasa rinjani rame gk, soalnya liburanku sebulan penuh sekalian mudik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau puasa mungkin didominasi pendaki mancanegara gan,, kalau rame atau gaknya itu kondisional..

      Delete
  45. Bang kalau naik berdua pasangan tanpa porter aman ga kira kira.. Trus jalur pendakiannya jelas ga bang..

    ReplyDelete
  46. itu itinerary perjalan jam nya udh termasuk sama istirahat?

    ReplyDelete
  47. saya dr bandung rencana ke rinjani bulan agustus mau naik kreta api biayanya lebih mahal mn sm bandara...trs jalurnya kmn aja klo udh trn di surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sby bisa 2 cara, udara dan darat. kalau jalur darat naik bus ke lombok dari terminal. sampai lombok lanjut angkot dan ojek ke basecamp rinjani.Mending naik pesawat aja gak ribet gan

      Delete
    2. Kang. Tanggal berapa rencana ke rinjani? Saya tanggal 12. Tapi belum ada barengan kang. Dari bekasi

      Delete
  48. Pingin ke rinjani.. Dahsyat banget. Tp masi blm bisa percaya diri. Mudah lelah. Ada tips ga gab?
    Lestari!!!

    ReplyDelete
  49. Permisi.. Saya nyari barengan Nih ke rinjani tanggal 12 agustus.start via sembalun. Saya dari bekasi...thnks

    ReplyDelete
  50. Insya allah akhir juli sepasang orang dri cilegon meluncur heheh

    Buat agan nya makasih info nya sangat membantu

    ReplyDelete
  51. Awal april tanggal 7 berangkat dari st senen. Ada yang mau join ? saya berdua aja ini WA saya 085767992613

    ReplyDelete
  52. Awal mei insya allah ke rinjani saya dr jakarta..sapa tau ada yg mau gabung,untuk silahturahmi WA 081387345923

    ReplyDelete
  53. Info dong, rencana mau brangkat bulan agustus ke rinjani.
    Kalau ada boleh kasi info kontak WA 081255678555.
    Tq salam

    ReplyDelete