Pendakian Gunung Sindoro 3.136 mdpl via Kledung - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Sindoro 3.136 mdpl via Kledung

Pendakian Gunung Sindoro menawarkan panorama yang unik karena lokasinya yang berhadapan dengan Gunung Sumbing. Kerap disebut dengan Sindara atua Sundoro, gunung vulkano aktif ini memiliki bentuk kecurut dengan tipe strato. Selain memiliki kawah aktif pada puncaknya, Gunung berketinggian 3.136 mdpl ini memiliki ladang edelweis yang cukup memanjakan mata. 

Gunung ini merupakan salah satu yang populer di Jawa Tengah. Memiliki trek yang cukup menantang, pendakian via Kledung masih cocok untuk pendaki pemula. Sindoro - Sumbing dipisahkan oleh jalan raya lintas kota, sehingga tidak dibutuhkan jarak yang jauh untuk mendaki kedua gunung tersebut.

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung
Gunung Sindoro terletak di batas Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Sindoro masuk di dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. 

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Sindoro, yaitu : 
  1. Jalur pendakian via Kledung
  2. Jalur pendakian via Sigedang - Tambi
  3. Jalur pendakian via Sibajak - Temanggung
  4. Jalur pendakian via Jlumprit - Dusun Katekan
  5. Jalur pendakian via Banaran
  6. Jalur pendakian via Anggrunggondok (Alang-alang sewu)

Transportasi ke Basecamp Kledung


Pendakian Gunung Sindoro via Kledung adalah jalur yang populer dipilih, karena akses yang mudah, berada di samping jalan utama Wonosobo - Temanggung via Kledung Pass. 

Berikut cara ke basecamp Kledung :
  1. Dari Jakarta : Naik bus rute Jakarta - Wonosobo (Sinar Jaya, Dieng Indah). Sampai Terminal Mendolo Wonosobo oper mini bus tujuan Magelang, turun di Dusun Kledung, Temanggung. Lanjut jalan kaki ke basecamp. 
  2. Dari Semarang : Naik bus tujuan Wonosobo dengan mengikuti rute Semarang - Sumowono - Temanggung. Kemudian turun di Dusun Kledung, Temanggung. Lanjut jalan kaki ke basecamp.
  3. Dari Surabaya : Naik bus atau kereta tujuan Semarang, kemudian lanjut bus tujuan Wonosobo dan ikuti rute seperti di atas.

Info & Tips :
  • Jika dari Jakarta naik kereta api bisa dilakukan dengan menggunakan angkutan terusan yang disediakan PT KAI dari Stasiun Purwokerto.
  • Jika tiket dari Jakarta ke Wonosobo habis, bisa naik bus transit Purwokerto lebih dulu. 
  • Perjalanan sekitar 3 jam dari Semarang untuk mencapai basecamp pendakian Gunung Sumbing yang terletak tepat di seberang jalan raya. 

Peta Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung :


Pendakian Gunung Sindoro

Basecamp Kledung berupa aula luas yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sebelum atau sesudah pendakian. Ada beberapa penjual makanan, tukang ojek dan toko di sekitar basecamp. Kamar mandi juga tersedia di dekat area parkir yang ada di depan aula.

Pendakian Gunung Sindoro


Basecamp - Pos 1


Jalur pendakian ke pos 1 dimulai dengan melewati ladang penduduk. Jika berjalan kaki akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam di jalan makadam yang rapi. Setelah melewati batas ladang penduduk dengan hutan, akan sampai di Watu Gede.

jalur pendakian gunung sindoro via kledung

Pos 1 berada di ketinggian 1.900 mdpl dan terdapat sebuah shelter. Pos 1 bisa disebut juga sebagai pintu masuk hutan. Siapkan tenaga dengan baik sebelum melanjutkan pendakian.

Pos 1 - Pos 2


Jalur pendakian dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan rute jalan landai berupa tanah padat yang cenderung landai, menembus jalan setapak di tengah hutan hingga Pos 2. Pos 2 berada di ketinggian 2.120 mdpl. Berupa area landai dengan sebuah shelter

Pos 2 - Pos 3


Bisa dibilang... pendakian Gunung Sindoro yang sesungguhnya dimulai dari pos 2, karena trek yang lebih terjal ada di depan mata. Jalur pendakian dari Pos 2 ke Pos 3 berupa trek menanjak berupa tanah padat bercampur bebatuan.

Jarak antara Pos 2 dan Pos 3 lumayan jauh dan pastinya sangat menguras tenaga, tetapi ada beberapa area datar yang bisa digunakan untuk beristirahat. Mendekati pos 3, jalur semakin menanjak dengan trek full bebatuan besar.

Pendakian Gunung Sindoro
Jalur Pos 1-Pos 2 vs Jalur Pos 2-Pos 3

Pos 3 berada di ketinggian 2.530 mdpl. Disini adalah tempat paling strategis, luas dan menjadi favorit sebagian besar pendaki untuk mendirikan tenda, meski kadang ada gangguan babi hutan. 

Untuk tempat alternatif camp lain bisa naik lagi hingga ke hutan lamtoro. Kadang ada juga tenda-tenda yang dibangun di sisi sepanjang jalur pendakian ke hutan lamtoro.

Pos 3 - Pos 4


Dari Pos 3 menuju ke puncak Gunung Sindoro jalannya masih tetap menanjak dan berbatu. Tak jauh dari Pos 3, akan tiba di area Sunrise Camp. Disini cukup untuk mendirikan banyak tenda, tetapi area yang terbuka sepertinya kurang layak untuk bermalam.

Setelah melewati hutan lamtoro yang cukup panjang akan sampai di pos 4. Pos 4 - Batu Tatah, merupakan area luas terbuka yang terjal. Pemandangan di pos 4 ini sangat indah, terlebih saat sunrise. You must stop here to see the sunrise and enjoy the mist.


Gunung Sumbing yang begitu dekat tampak berdiri dengan gagah menemani sinar mentari yang muncul perlahan. Gunung Merapi dan Merbabu yang berhadapan juga tampak, begitupula gunung-gunung di Jawa Tengah lainnya.

Pos 4 - Puncak Sindoro


Selepas Watu Tatah, jalur pendakian Gunung Sindoro tetap terbuka dan terus menanjak hingga tiba di dataran landai Padang Edelweis. Padang edelweis berupa rerumputan tinggi, cantigi dan edelweis yang tumbuh subur. Padang edelweis adalah pertanda bawa puncak Gunung Sindoro sudah dekat. Semangat!

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung
Padang Edelweis

Puncak Gunung Sindoro berupa dataran landai di bibir kawah. Di Sebelah timurnya terdapat dua kawah kembar seluas 210 x 150 meter, dibatasi dinding kawah yang mengitarinya. 

Berjalan memutari bibir kawah Gunung Sindoro juga menarik, tapi tetap perhatikan arah gas belerang. Gunung Sumbing yang runcing tetap menjadi pemandangan utama ketika sampai di Puncak Gunung Sindoro.

puncak gunung sindoro
Kawah Gunung Sindoro

puncak gunung sindoro
Puncak (Dinding Kawah) Gunung Sindoro

Tips Pendakian Gunung Sindoro via Kledung : 


  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. 
  2. Untuk menghemat tenaga dan waktu, lebih efisien menggunakan jasa ojek hingga ke Pos 1, dengan tarif ±Rp.30.000.
  3. Persiapkan logistik dengan baik terutama air, karena tidak ada sumber air. 
  4. Waspadai kemunculan babi hutan di area Pos 3. Simak beberapa Tips Mencegah Gangguan Babi Hutan di Alam Bebas.
  5. Tempat camp strategis ada di Pos 3. Jika tempat camp penuh, bisa camp di hutan lamtoro atau di tempat landai di sisi jalur pendakian ke Pos 4, itu juga kalau masih belum penuh. 
  6. Pakailah masker di Puncak Gunung Sindoro untuk menahan bau belerang dari kawah aktif.
  7. Untuk pendakian yang lebih aman dan nyaman, bisa menyewa jasa guide pendakian gunung Sindoro atau ikut pendakian bersama komunitas pecinta alam.
  8. Jangan merusak dan mengotori kawasan gunung dengan membuat sampah sembarangan dan vandalisme.

jalur pendakian gunung sindoro via kledung
Cheers... (Pos 2)


Estimasi Waktu
Pendakian Gunung Sindoro :

Jalur Pendakian
Ketinggian (mdpl)
Waktu Tempuh
Basecamp – Pos 1
1.600
1 jam
Pos 1 – Pos 2
1.600 – 2.120
1.5 jam
Pos 2 – Pos 3
2.120 – 2.530
2 jam
Pos 3 – Pos 4
2.530 – 2.838
2 jam
Pos 4 – Padang Edelweis

1.5 jam
Padang Edelweis - Puncak
3.153
30 menit

Informasi Pendakian Gunung Sindoro via Kledung :


  • Tinggi : 3.150 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano (semi aktif)
  • Wilayah : Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung
  • Letusan Terakhir : 2011 - 2012
  • Puncak : Puncak Sindoro
  • Kawah : Kawah kembar Gunung Sindoro
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Pos 3
  • Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
  • View Gunung :  Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi.
  • Wisata Sekitar : Embung Kledung, Wisata Alam Posong, Wisata Alam Sedadap. Wisata Alam Sipetung.
  • Lokasi Basecamp Kledung : Jl. Campur Salam No.7, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Kledung : @grasindo_sindoro / 081 128 231 53
  • Simaksi : Rp.15.000/orang