Puncak B29 - Sisi Lain Menikmati Gunung Bromo

Loading...
Puncak B29 - Sisi Lain Menikmati Gunung BromoKeindahan Pemandangan Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang sangat terkenal bagi wisatawan di dalam dan luar negeri yang membuat lokasi ini padat pengunjung di akhir pekan. Ada sisi menarik lainnya selain melihat keindahan matahari terbit dari Puncak Penanjakan, yaitu dari Puncak B29. Disebut B29 karena merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 2.900 mdpl dan bukit ini terkenal dengan sebutan 'Negeri di Atas Awan".
View dari Puncak B29
Puncak B29 berada di Desa Argosari, kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk Rute dari Surabaya setibanya di kota Probolinggo mengambil ke arah selatan menuju kota Lumajang. Sebelum masuk ke pusat kota belok kanan ke Jl.Kapten Kyai Ilyas dan terus ke Jl.Semeru ke arah Selokambang. 

Dari Selokambang akan melewati hutan perkebunan jati dan sengon yang berjajar rapi sebelum masuk kota Senduro. Jalan utama ke utara akan  mulai menanjak. Di beberapa titik belokan ada papan petunjuk yang mengarah ke Puncak B29 agar memudahkan pengunjung hingga tiba di Kandangtepus.

Jalan aspal yang mulus akan mengantar sampai ke Kandangtepus yang berjarak sekitar 9 km dari Senduro. Kandangtepus adalah dusun terakhir sebelum melewati tanjakan dan tikungan-tikungan  tajam menuju desa Argosari yang berjarak sekitar 10km dari Kandangtepus.

Sebuah gapura “Selamat Datang” dengan gambar Negeri di atas awan Puncak B29 akan menyambut ketika memasuki desa Argosari. Sekitar 300 meter dari gapura ada sebuah pertigaan yang merupakan  tempat parkir roda 2 maupun roda 4 untuk selanjutnya menuju Puncak B29. 
Gapura Desa Argosari
Menaiki sepeda motor bisa dilanjutkan dengan mengambil jalur ke kanan dan berkendara sepanjang 3,5km untuk mencapai Desa Argosari. Jalan menuju ke desa medannya cukup berat karena aspal cukup rusak dengan tikungan tajam menanjak. Ada medan bebatuan  yang memaksa harus menuntun motor di jalan yang cukup panjang untuk melanjutkan perjalanan sebelum kembali dengan jalur aspal rusak dan menanjak berkelok-kelok. Satu tanjakan terakhir yang cukup tinggi akan mengantar ke Argosari, desa tertinggi terakhir sebelum menuju Puncak B29.
Baca Juga : 
Sesampainya di Argosari hawa dingin menusuk tulang. Hanya ada sedikit warung kopi untuk beristirahat, tempatnya bersebelahan dengan lokasi parkir. Disini juga ada penyewaan ojek untuk menuju Puncak B29. Sebenarnya bisa menggunakan motor jika motor terjamin mampu dan kuat sampai ke puncak. 

Perjalanan ke Puncak B29 dari lokasi parkir bisa dilakukan dengan berjalan kaki yang menempuh waktu sekitar 1 jam, dengan trek tanah berpasir halus yang berdebu saat kemarau namun padat ketika musim hujan. Treknya tidak cukup berat dengan tanjakan yang tidak terlalu tinggi. Perjalanan akan melewati kebun sayur petani seperti kubis, daun bawang dan kentang. Sebelum di area camp, beberapa warung berjajar dengan hidangan andalan mereka, minuman hangat serta makanan kecil lainnya.
jalur ke puncak b29
Jalan di Antara Kebun Penduduk
Area Puncak B29 cukup luas untuk mendirikan tenda. Disini pengunjung biasanya mendirikan tenda untuk menanti lautan awan. Ketika matahari mulai terbit pemandangan di atas sangat indah jika memandang kea rah Bromo. Pengunjung akan melihat lautan awan bercampur kabut membungkus area pasir gunung Bromo. Dari sini Puncak Penanjakan tampak dari seberang berbataskan lautan pasir Bromo. Lautan awan juga ada di sisi puncak yang lain serta tampak juga kemegahan Gunung Semeru yang meletupkan awan  panas selang beberapa menit sekali.
lautan awan puncak b29
View Di Sisi Lain
Mahameru Tampak Gagah
sunrise puncak b29
Menjelang Matahari Terbit
puncak b29
"Edelweis" di Puncak B29
Total Perjalanan dari Lumajang menuju ke Desa Argosari yang normal sekitar 3 jam, namun karena medan yang berat kadang menghambat perjalanan hingga waktu yang diperlukan menuju ke lokasi semakin banyak. 

Tips Wisata ke Puncak B29 :
  1. Lebih baik berangkat sore atau malam hari jika ingin camp di puncak atau kalau hanya mengejar sunrise berangkat dini hari dari lokasi Kota Surabaya.
  2. Jika kondisi motor tidak meyakinkan di jalan menanjak, lebih baik menyewa ojek ketika di pertigaan karena setelah pertigaan medan yang dilalui cukup menguras tenaga jika harus sedikit-sedikit menuntun motor ke atas. 
  3. Datanglah saat musim kemarau karena akan menampilkan pemandangan alam lautan awan di area pasir Bromo yang indah. 
  4. Saat musim hujan, jalan dari Argosari ke puncak sangat licin, wajib berhati-hati.

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Puncak B29 - Sisi Lain Menikmati Gunung Bromo"

Post a Comment