Mengenal "The Seven Summits Indonesia" - Manusia Lembah

Mengenal "The Seven Summits Indonesia"

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak gunung, termasuk gunung berapi maupun bukan berapi. Gunung Jaya Wijaya yang masih terselimuti salju abadi menjadi puncak tertinggi di Indonesia, bersama dengan puncak-puncak lain yang memiliki ketinggian rata-rata di atas 4.000 mdpl. 

Bahkan salah satu puncak tertingginya yaitu Carstensz Pyramid masuk ke dalam 7 Summits in The World dengan tinggi 4.884 mdpl. Namun, bukan puncak-puncak di Pegunungan Jayawijaya ini saja yang disebut dengan 7 Summits Indonesia, melainkan 7 puncak tertinggi dari 7 pulau besar di Indonesia.


Seven Summits Indonesia
Indonesia terdiri atas 5 pulau besar yaitu Kalimantan, Papua, Sumatra, Jawa dan Sulawesi. Pulau-pulau kecil yang lain dibagi menjadi 2 kepulauan besar yaitu kepulauan Maluku yang meliputi Maluku Utara hingga selatan dan kepulauan Sunda Kecil yang meliputi Bali hingga Nusa Tenggara Timur. Dari 5 pulau besar dan 2 kepulauan besar tersebut, ada 7 puncak tertinggi yang akrab disebut 7 Summits Indonesia.

Logo The Seven Summits Indonesia pun sudah terdaftar di HAKI sejak April 2014. Gambar 7 segitiga berbeda warna tersebut mewakili masing-masing puncak tertinggi dari 5 pulau besar dan 2 kepulauan besar di Indonesia sekaligus berdasarkan tipe dan tinggi pegunungan.



Seven Summits Indonesia

Selain ahli geografi dan ilmuwan, mengenal 7 Summits Indonesia perlu diketahui khususnya pendaki gunung dan para pecinta alam. Berikut adalah daftar 7 Summits Indonesia :

1. Pegunungan Jaya Wijaya, Puncak Carstensz Pyramid 4.884 mdpl.

Puncak Carstensz Pyramid
Puncak Carstensz Pyramid (04°03’48’LS dan 137°11’09’BT) merupakan puncak tertinggi di Papua dan Indonesia sekaligus masuk dalam daftar 7 puncak tertinggi di dunia. 

Dengan tinggi 4.884 mdpl, gunung ini berupa gunung karang yang diselimuti salju abadi. Bisa dibilang Puncak Carstensz adalah gunung dengan budget pendakian paling mahal di Indonesia. Baca : Mengenal 7 Puncak Tertinggi di Dunia

Rute pendakian bisa melalui jalur utara (Ilaga) atau Singa dan jalur selatan (Tembagapura). Karena letak dan akses yang sulit, mendaki Puncak Carstensz Pyramid wajib menggunakan jasa guide.

2. Gunung Kerinci, Puncak Indrapura 3.805 mdpl.

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci (10°45’50’LS dan 1010°160’BT) merupakan gunung tertinggi di Sumatra sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara. Gunung Kerinci berada di perbatasan provinsi Jambi dan Sumatra Barat. 

Berada di dalam Taman Nasional Kerinci Seblat, Gunung Kerinci merupakan habitat badak Sumatera dan harimau sumatra yang termasuk satwa dilindungi. Rute pendakian Gunung Kerinci bisa melalui Desa Kersik Tuo dan Solok.

3. Gunung Rinjani 3.726 mdpl.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani (8°25’LS dan 116°28’BT) merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Sunda Kecil dan merupakan gunung berapi tertinggi ke 2 dalam jajaran Seven Summits Indonesia. Gunung Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan berada di dalam Taman Nasional Gunung Rinjani. 

Gunung Rinjani memiliki danau kaldera yang akrab disapa Danau Segara Anak. Pemandangan yang menawan ini seolah membuat Gunung Rinjani mendapat predikat gunung terindah di Indonesia.  Rute pendakian Gunung Rinjani bisa melalui Sembalun, Senaru dan Torean.

4. Gunung Semeru, Puncak Mahameru 3.676 mdpl.

Gunung Semeru
Gunung Semeru (8°06’LS dan 120°55’BT) merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa, sekaligus ke-4 di jajaran Seven Summits Indonesia. Dengan berbagai kisah legenda Gunung Semeru, puncaknya Mahameru mendapat sebutan puncak abadi para dewa. 

Gunung Semeru berada di wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Memiliki danau Ranu Kumbolo yang indah, Gunung Semeru menjadi tujuan pendakian sekaligus wisata alam.

Rute pendakian Gunung Semeru bisa melalui Ranu Pane dan jalur Ayek-ayek. Sebagai gunung berapi aktif yang mengeluarkan abu vulkanik setiap 20 menit, pendakian ke Puncak Mahameru tidak dianjurkan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

5. Pegunungan Latimojong, Puncak Rante Mario 3.443 mdpl.

Puncak Rante Mario
Gunung Latimojong (03°23’01’LS dan 120°01’30'BT) merupakan gunung tertinggi di Sulawesi dan bukan merupakan gunung berapi. Pegunungan Latimojong memiliki 10 puncak dengan Puncak Rante Mario sebagai puncak tertinggi. Oleh karena itu Pegunungan Latimojong mendapat predikat Big Mountain. Gunung Latimojong berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dan belum menjadi taman nasional. 

Rute Pendakian Gunung Latimojong bisa melalui Kec. Mengkendek, Dusun Karangan Enrekang dan via Kec.Latimojong. Dari ketiga jalur tersebut, via Dusun Karangan paling mudah dijangkau.

6. Gunung Binaiya 3.027 mdpl

Puncak Gunung Binaiya
Gunung Binaiya (3°10’LS dan 129°28’BT) merupakan gunung tertinggi di kepulauan Maluku. Gunung Binaiya berada di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Gunung Binaiya berada di dalam Taman Nasional Manusela.

Rute pendakian Gunung Binaiya bisa dimulai dari Desa Kanikeh dari sisi utara dan Desa Piliana dari sisi selatan dengan pengurusan pendakian di Kota Masohi.

7. Gunung Bukit Raya, Puncak Rajawali/Puncak Kakam 2.278 mdpl.

Gunung Bukit Raya
Gunung Bukit Raya (00°24’ - 00°59’ LS dan 112°07’ - 112°56’BT) merupakan gunung tertinggi di Kalimantan. Puncak tertinggi Pulau Kalimantan adalah Gunung Kinabalu yang berada di bawah Negara Malaysia, jadi wilayah Indonesia memiliki Gunung Bukit Raya sebagai puncak tertingginya di Kalimantan. 

Gunung Bukit Raya berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah serta berada di dalam Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya. 

Rute pendakian Gunung Bukit Raya bisa dimulai dari Dusun Rantau Malam. Gunung Bukit Raya masuk dalam jajaran pegunungan Muller Schwaner dan letaknya terpencil sehingga bisa dibilang pendakiannya menduduki peringkat ke-2 dengan budget pendakian yang mahal setelah Puncak Cartenz.

Itu adalah daftar 7 summits Indonesia yang didasarkan pada pengelompokan 7 puncak tertinggi dari 7 pulau/kepulauan besar di Indonesia. Puncak-puncak tertinggi tidaklah harus ditaklukkan. Tapi tidak ada salahnya jika ada yang bertanya, sudah berapa summits Indonesia kah anda?.