Pendakian Gunung Ungaran 2.050 mdpl via Basecamp Mawar - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Ungaran 2.050 mdpl via Basecamp Mawar

Meski sebagian besar orang mengenal Ungaran dengan berbagai wisata sejuk khas pegunungan, bagi para pendaki, Gunung Ungaran tetap menjadi tujuan. Gunung Ungaran adalah gunung berapi stratovolcano dengan ketinggian 2.050 mdpl. 

Gunung Ungaran sangat cocok bagi pendaki pemula meski medan pendakiannya tidak bisa diremehkan begitu saja. Adanya kebun teh di jalur pendakian juga menarik minat para wisatawan untuk mendaki ke kaki Gunung Ungaran.

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)
Gunung Ungaran berada di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini masuk dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. 

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Ungaran, yaitu :
  1. Jalur pendakian via Gedong Songo 
  2. Jalur pendakian via Jimbaran 
  3. Jalur pendakian via Promasan 
Gunung Ungaran diketahui sebagai gunung tidak aktif. Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologi di gunung ini, tetapi terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. (wikipedia)

Buat kalian yang membutuhkan jasa sewa tenda camping double layer dan alat lainnya untuk mendaki gunung ungaran via basecamp mawar, bisa menghubungi kontak informasi berikut :

WhatsApp : 083109049010
Website : www.baladewe.com

Lokasinya cukup dekat dengan jalur menuju basecamp mawar dan bisa dijadikan pilihan bagus untuk melengkapi kebutuhan pendakian. 

Transportasi ke basecamp Mawar

Untuk menuju ke Pos Mawar Gunung Ungaran, bisa menggunakan beberapa alternatif rute :
  1. Dari Semarang : Dari Terminal Terboyo Semarang, pilih bus jurusan Ambarawa atau Salatiga, turun di daerah Tegal Panas atau Rumah Sakit Ken Saras atau Pasar Babadan. Dari Tegal Panas atau Pasar Babadan, bisa memilih mikrolet atau ojek. Jika naik mikrolet pilih jurusan Pasar Jimbaran, lanjut ojek ke basecamp Mawar.
  2. Dari Solo : Dari Terminal Tirtonadi Solo naik bus tujuan Terminal Terboyo, turun di daerah Tegal Panas atau Rumah Sakit Ken Saras atau Pasar Babadan. Lanjut seperti cara di atas.
  3. Dari Surabaya / Jakarta : Bisa naik bus tujuan Terminal Terboyo Semarang atau Stasiun Tawang. Kemudian lanjut naik bus jurusan Ambarawa atau Salatiga, seperti cara di atas.

Info & Tips :
  • Ada dua pilihan bus jurusan Salatiga - Ambarawa yaitu bus besar yang bisa ditemui selama 24 dan mini bus yang hanya beroperasi hingga pukul 17.00 WIB.
  • Jam operasional angkutan mikrolet dari Tegal Panjang atau Pasar Babadan menuju Pasar Jimbaran hanya sampai pukul 17.00 WIB.
  • Pos Mawar satu jalur dengan wisata Umbul Sidomukti. Ikuti jalan di gerbang Kawasan Wisata Candi Gedong Songo dan ikuti hingga pasar Jimbaran. Di pasar Jimbaran ada gang bertuliskan Basecamp Mawar dan ikuti jalan tersebut. 
  • Dari arah selatan, sekitar Magelang, Klaten, Solo, Salatiga, Jogjakarta bisa melalui Ambarawa agar lebih dekat. Sampai Ambarawa ambil arah Desa Baran, lanjut naik sampai Pasar Bandungan, ambil arah wisata Umbul Sidomukti untuk mencapai basecamp mawar. 
  • Dari daerah sekitar Temanggung atau Wonosobo bisa lewat arah Sumowono, kemudian ambil arah Bandungan. 

Selain tempat singgah, area pos mawar kerap digunakan untuk camping, karena lokasinya yang strategis menampakkan pemandangan kota Semarang dan Gunung Merbabu. Adanya beberapa warung yang berjajar di sekitar pos menambah nyaman suasana ngadem di Pos Mawar.

Peta Jalur Pendakian Gunung Ungaran via Basecamp Mawar

Peta Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)

Jalur favorit para pendaki adalah jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran atau lebih dikenal dengan jalur basecamp mawar maupun pos mawar, karena tidak memerlukan waktu panjang dengan jalur pendakian yang sudah sangat jelas. No wonder why climbers like this track.

Pendakian Gunung Ungaran

Basecamp Mawar - Pos 1

Sebagai awal pendakian, jalur pendakian melewati jajaran warung sebelum masuk ke kawasan lereng gunung. Trek masih ringan, cukup terbuka, landai, dikelilingi perdu, semak, rumput dan jarang pepohonan besar. Pemandangan Kabupaten Semarang masih terlihat di sisi kanan jalur pendakian.

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)
Pos 1

Pos 1, berupa tempat kecil datar dengan penutup seng di sisi kiri jalur pendakian. Pos 1 cocok untuk beristirahat maupun berteduh sejenak sebelum melanjutkan pendakian.

Pos 1 - Pos 2

Beranjak dari Pos 1, jalur pendakian awal cenderung sama hingga masuk di hutan lereng gunung. Jalur pendakian akan mulai masuk kawasan rapat setelah  memasuki hutan lereng Gunung Ungaran. Bisa dibilang jalur pendakiannya adalah memutari gunung. Dengan trek yang datar, teduh dan dingin, pendakian akan tampak menyenangkan. 

Adanya aliran air menandakan pendakian ke Pos 2 sudah melewati setengah jalan. Aliran sungai di jalur pendakian adalah sumber air pertama di jalur pendakian via Pos Mawar ini. Setelah melewati aliran air sungai, tanjakan berbatu menanti di depan sebagai sambutan Pos 2 sudah menanti.

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)
Pos 2

Pos 2, tidak berbeda jauh dengan Pos 1 dengan sebuah shelter beratap seng dengan suasana yang lebih teduh dibandingkan Pos 1. Lokasi di depan shelter cukup luas bisa untuk mendirikan sekitar 2-3 tenda dome.

Pos 2 - Pos 3

Jalur pendakian dari Pos 2 ke Pos 3 tidak terpaut jauh dengan medan yang  masih sama. Medan tanah padat yang berubah menjadi jalur makadam menandakan akan sampai di Pos 3.

Pos 3, dikenal juga dengan Kolam Renang merupakan bak tempat penampungan air menyerupai kolam. Jangan heran kalau terdapat pondok di lokasi ini karena area ini adalah area Perkebunan Kopi Sikendil.

Pos 3 - Kebun Teh

Jalur pendakian Gunung Ungaran berlanjut dengan medan makadam. Area masih terbuka dengan jalur pendakian yang mulai menanjak ringan. Tak jarang ada beberapa motor hilir mudik di sekitar jalur pendakian. 

Satu-satunya hal menyejukkan di jalur pendakian via Pos Mawar adalah adanya perkebunan teh yang menjadi angin sejuk dalam pendakian yang menguras tenaga. Perkebunan teh Medini terpampang luas dihiasi perbukitan hijau, menjadikan ini pemandangan yang sangat menyegarkan. How the beautiful landscape guys..

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)
Kebun Teh Medini

Kebun teh merupakan pertemuan jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar dan via Promasan. Beristirahat panjang sambil memandang hamparan kebun teh sangat menarik untuk dilakukan sebelum pendakian panjang dilanjutkan.

Kebun Teh - Puncak Gunung Ungaran

Pendakian yang sebenarnya dimulai dari perkebunan teh. Jalur makadam menanjak akan mengantar sampai pintu hutan. Perdu, semak dan rumput yang rapat mendominasi pendakian sebelum masuk hutan Gunung Ungaran. Disinilah pendakian yang sebenarnya dimulai. So, you have to ready to track the ascent !

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)
Trek ke Puncak Gunung Ungaran

Jalur pendakian sepenuhnya didominasi oleh trek tanah padat yang sempit, terjal dan menanjak. Dikelilingi pepohonan yang rimbun dan teduh, beberapa area di jalur pendakian bisa digunakan untuk beristirahat. 

Tak jarang trek menyuguhkan jalur pendakian terjal dimana batang-batang pohon sangat bermanfaat menjadi tumpuan untuk mendaki. Enjoy your climbing patiently guys.

Area mulai terbuka ketika hutan sudah terlewati dan puncak Gunung Ungaran tampak menjulang di depan. Rerumputan panjang mendominasi trek menanjak yang berubah menjadi bebatuan terjal. 

Area yang terbuka menampakkan area di sekitar Gunung Ungaran seperti perkebunan teh, perbukitan hijau dan lembah hijau kekuningan yang terhampar indah. 

Beberapa batuan besar berdiri menonjol kuat di lereng Gunung Ungaran, bisa dipilih dimana lokasi yang pas untuk beristirahat maupun menantikan sunrise, and maybe you should enjoy nature for a moment here. Menikmati pemandangan alam yang pas dari ketinggian, tanpa terhalang pepohonan, jangan dilewatkan begitu saja. This is a fitting spot.

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)
Fitting Spot

Ada satu bukit yang perlu dilewati sebelum sampai di puncak Gunung Ungaran, masih dengan trek yang sama. Mendekati puncak Gunung Ungaran, jalur kembali ke tanah padat landai, sebagai sambutan di tujuan utama.

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar)
Puncak Gunung Ungaran

Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yaitu Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran yang tertinggi - 2.050 mdpl. Puncak Gunung Ungaran berupa area datar, ditandai tiga tugu dan papan nama, sekaligus tiang bendera merah-putih. Ada camp area tak jauh dari puncak. 

Dari puncak Gunung Ungaran, tampak Kota Semarang, Laut Jawa, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dengan Rawa Pening'nya, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau

Tips Pendakian Gunung Ungaran :

  1. Lengkapi logistik di basecamp mawar yang sudah menyediakan beberapa warung. 
  2. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. 
  3. Sumber air ada di antara pos 1 - pos 2 dan penampungan air pos 3. Lebih baik membawa air kemasan yang lebih terjamin. Setelah Pos 3, tidak ada sumber air, persiapkan logistik air yang cukup. 
  4. Waspadai ketika musim hujan, jalur pendakian ke puncak sangat licin. 
  5. Jika cuaca tidak cukup baik, sering terjadi angin kencang di area terbuka setelah hutan hingga di puncak. Tetap pertimbangkan perubahan cuaca untuk menentukan lokasi camp maupun summit. 
  6. Tidak disarankan untuk camp di puncak utama Gunung Ungaran. Untuk mendirikan tenda bisa di belakang puncak untuk mengantisipasi angin kencang. 
  7. Jagalah kebersihan dan buang sampah di tempat yang sudah disediakan, tepatnya di dekat area kebun teh. 

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Ungaran :

Basecamp - Pos 1 : 15 menit 
Pos 1 - Pos 2 : 25 menit 
Pos 2 - Pos 3 : 20 menit 
Pos 3 - Kebun Teh : 10 menit 
Kebun Teh - Puncak : 1 jam 30 menit 

Informasi Gunung Ungaran via Basecamp Mawar :

  • Tinggi : 2.050 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano type C
  • Wilayah : Kabupaten Semarang
  • Letusan Terakhir : -
  • Puncak : Puncak Ungaran, Puncak Botak, Puncak Gendol
  • Sumber Mata Air : Pos 2, Pos 3
  • Camp Ideal : Camp area dekat puncak
  • Durasi Pendakian Normal : 1 - 2 Hari
  • View Gunung : Gunung MerapiGunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Rawa Pening, Gunung SumbingGunung SindoroGunung Prau.
  • Wisata Sekitar : Kebun Teh Medini, Air Terjun Tirto Wening, Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti
  • Lokasi Basecamp Mawar : Jl. Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Mawar : 0813-9307-0558
  • Simaksi : Rp. 15.000/orang