Pendakian Gunung Welirang 3.156 mdpl via Tretes - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Welirang 3.156 mdpl via Tretes

Gunung Welirang merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 3.156 mdpl. Satu jalur dengan Gunung Arjuno, medan pendakian yang dilalui tidak akan pernah terlupakan, apalagi terdapat trek yang terkenal dengan nama tanjakan asu atau tanjakan naga.

Sesuai namanya, Welirang dalam bahasa Jawa berarti belerang. Hal ini memang di Gunung Welirang masih ada aktivitas penambang belerang di area dekat puncak. 

gunung welirang
Gunung Welirang terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Gunung Welirang masuk di dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Welirang, yaitu :

  • Pendakian via Tretes
  • Pendakian via Cangar
  • Pendakian via Pacet
  • Pendakian via Lawang 
  • Pendakian via Karangploso
  • Pendakian via Sumberawan
  • Pendakian via Purwosari

Jalur pendakian tersebut ada yang ramai, ada juga yang sepi. Beberapa diantaranya bisa sekalian melewati Gunung Arjuno dan Gunung Kembar, karena gunung tersebut dempet. 

Transportasi ke Basecamp Tretes :

Ada beberapa alternatif cara ke basecamp Tretes, yaitu :
  • Dari Solo dan area Jawa Tengah : Naik bus tujuan Terminal Purabaya Sidoarjo. Kemudian dilanjutkan naik bus menuju Terminal Pandaan. Dari Terminal Pandaan bisa naik angkot, ojek atau carter mobil untuk ke basecamp Tretes.
  • Dari Jakarta : Naik kereta tujuan Malang dan turun di Stasiun Blimbing Malang atau stasiun Malang Kota Baru, kemudian naik angkot ke Terminal Arjosari dan naik bus tujuan Pandaan dan dilanjutkan seperti di atas.
  • Dari Malang dan Surabaya : Naik bus tujuan Pandaan, kemudian bisa naik angkot, ojek atau carter mobil untuk ke basecamp Tretes.

Basecamp Pendakian Tretes lumayan jauh dari Terminal Pandaan, jika naik angkutan umum membutuhkan waktu sekitar 15  - 20 menit. Lokasi basecamp ada di seberang Hotel Tanjung.

Peta Jalur Pendakian Gunung Welirang via Tretes : 

Jalur Tretes menjadi jalur favorit di Pendakian Gunung Welirang karena sudah populer dan cukup ramai. Apalagi jalur pendakian Gunung Welirang yang lain tidak seenak jalur Tretes - meski faktanya jalur Tretes tetap nggak enak.

Pendakian Gunung Welirang

Basecamp - Pos 1

jalur pendakian awal sudah berupa tanjakan makadam yang tersusun rapi. Semakin ke depan kemiringan mulai meningkat. Jalan dengan 4 belokan akan berakhir sekitar 20 menit, semakin dekat dengan pos 1, Pet Bocor. 

Untuk ke Pet Bocor setelah pertigaan ambil jalan ke kiri karena ke kanan merupakan jalur untuk ke tempat wisata air terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Alap-Alap. Di Pet Bocor ada warung dan ada toilet kecil juga. Di depan pos, ada tempat luas yang sering digunakan camp tipis-tipis.

Pos 1 - Pos 2

Dari Pet Bocor sampai sekitar 1 km di depan, jalan berupa cor-coran semen sebelum kembali menjadi trek bebatuan. Jalur yang panjang, menanjak, berbatu dan berbelok-belok cukup menguras energi. Jalur seperti inilah yang akan mengantar hingga beberapa jam ke depan hingga puncak Gunung Welirang.

jalur pendakian gunung welirang
Makadam Jalur Tretes

Pos 2 - Kop-kopan, merupakan area terbuka yang lapang. Ada sumber air melimpah dan warung kecil yang menyediakan gorengan dan minuman hangat. Biasanya warung ini hanya buka di akhir pekan. Tak salah jika kop-kopan menjadi tempat ideal untuk camp ataupun camp ceria sekedar ngadem.

Panorama di area Kop'-kopan lumayan indah, apalagi ditambah suara gemericik air yang deras. Bahkan, sebelum sampai di Kop-kopan area sudah mulai terbuka dan menjelang sore, biasanya menampakkan Gunung Penanggungan yang menjulang gagah di balik kabut.


Jalur dari Kop-kopan sampai ke basecamp adalah jalur yang sering dilalui hardtop pembawa belerang. Itulah kenapa jalur makadamnya tidak beraturan. Jadi, jangan heran jika mendengar suara hardtop muncul di balik hutan.

Pos 2 - Pos 3

Jalur Pendakian Gunung Welirang selanjutnya masih berupa makadam, tetapi lebih menanjak dan lebih menyiksa. Tanjakan tiada henti berada di puncaknya ketika sampai di tanjakan asu - tanjakan panjang melingkar yang pasti bikin bosan.

jalur pendakian gunung welirang via tretes
Jalur Tanjakan Asu

Setelah melewati Tanjakan Asu, trek makadam masih menjadi sajian utama hingga Pos 3. Pendakian selanjutnya melewati alas Lali Jiwo, tanda mendekati pos 3, Pondokan. 

Pos 3 - Pondokan, merupakan area datar yang dimanfaatkan untuk menyimpan belerang para penambang. Sehingga ada bangunan rumah-rumah kecil sebagai tempat penyimpanan. 

Pos Pondokan juga pos persimpangan jika ingin melanjutkan Pendakian ke Gunung Arjuno. Jadi jika ingin ke Welirang ikuti saja jalan setapak ke area Pondokan. Jika ingin ke Gunung Arjuno, ikuti simpangan ke kiri menuju Lembah Kidang. 

Selain Kop-kopan, Pos Pondokan sangat ideal untuk camp. Selain memiliki banyak area datar, ada sumber air disisinya, membentuk aliran sungai. Sumber air di pondokan hanya mengalir kecil lewat selang. Jadi, wajib bersabar bro!

Pos 3 - Lapangan

Dari Pondokan, jalur pendakian ke puncak Gunung Welirang belum berubah, berbatu dan menanjak. Perjalanan masih harus mengelilingi bukit terjal untuk sampai di Lapangan. 

Lapangan di Gunung Welirang merupakan area terbuka, lapang dan luas yang bisa menampung banyak tenda, tetapi tidak disarankan camp disini. 


Lapangan - Puncak Welirang

Setelah lapangan, menuju puncak Gunung Welirang akan melewati sisi bukit. Di area ini tampak deretan Gunung Kawi dan Gunung Butak di kejauhan. Mendekati batas vegetasi, bau belerang sudah tercium dan asapnya terlihat mengepul dari kawah belerang di ujung.

pendakian gunung welirang

Ada jalur menuju kawah belerang dan ada juga jalur ke puncak. Jalur puncak Welirang adalah jalur paling ujung dan tinggi. Biasanya ketika mencapai dataran tertinggi ternyata puncak masih ada di depan. Jadi, perlu waspada agar tidak keliru.

Mendekati puncak, biasanya tercium bau asap belerang. Semakin mendekati puncak, kepulan asap belerang dari kawah juga bisa dilihat.

kawah belerang
Asap Belerang dari Kawah

Puncak Gunung Welirang ditandai dengan susunan batuan. Di puncak tampak jelas kawah belerang yang terus mengepul dan tampak juga Gunung Penanggungan. Sementara puncak Ogal Agil Gunung Arjuno tampak runcing dari kejauhan dengan latar belakang Gunung Semeru.

puncak gunung welirang
Puncak Welirang 3156 mdpl


Tips Pendakian Gunung Welirang : 

  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  2. Warung di Pet Bocor buka sepanjang hari, sedangkan warung di Kop-kopan biasanya buka hanya di akhir pekan, jadi pertimbangkan untuk logistik.
  3. Biasanya ada simaksi kedua di area Pet Bocor karena beda pengelola.
  4. Sumber air bersih ada di pos Kop-kopan, sedangkan tempat untuk mengambil air di Pondokan cukup kotor meski sumber airnya bersih. Jangan menambahi dengan membuang sampah di sungai.
  5. Waspadai ada beberapa jalur percabangan di area berpasir, seperti jalur ke arah kawah belerang, jalur ke puncak dan jalur lainnya.
  6. Bawa masker untuk melindungi dari bau belerang.
  7. Jika berkabut sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan ke puncak. Kabut yang bercampur dengan asap belerang yang pekat di jalur pendakian bisa berdampak buruk, seperti tersesat.
  8. Segera turun jika cuaca buruk.
  9. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme. 
Cheers...

Estimasi Waktu pendakian gunung Welirang :

Basecamp - Pet Bocor : 20 menit
Pet Bocor - Kop-kopan : 3 jam
Kop-kopan - Pondokan : 3 jam
Pondokan - Puncak : 3 jam

Informasi Gunung Welirang via Tretes :

  • Tinggi : 3.156 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano
  • Wilayah : Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto.
  • Pengelolaan : Taman Hutan Raya Raden Soerjo
  • Letusan Terakhir : 15 Agustus 1952
  • Puncak : Puncak Welirang
  • Nama Kawah : Kawah Plupuh
  • Sumber Mata Air : Pet Bocor, Kop-kopan, Pondokan.
  • Camp Ideal : Kop-kopan, Pondokan.
  • Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari.
  • Tempat Misterius : Alas Lali Jiwo
  • View Gunung :  Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Butak, Gunung Penanggungan
  • Wisata Sekitar : Air Terjun Kakek Bodo, Air Terjun Alap-alap, Air Terjun Dlundung, Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Tutukan Sendi, Air Terjun Lemahabang, Petung Sewu. 
  • Lokasi Basecamp Tretes : Jl.Wilis 523 Tretes, Pecalukan, Prigen, Semeru, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Tretes : 085 330 893837
  • Simaksi : Rp. 5.000/orang (basecamp) ; Rp.10.000/orang (Pos 1).