Pendakian Gunung Welirang 3.156 mdpl via Tretes

loading...
loading...
Pendakian Gunung Welirang via Tretes. Gunung Welirang merupakan sebuah gunung berapi aktif yang berada di ketinggian 3.156 mdpl dan satu kawasan dengan Gunung Kembar 1, Kembar 2 dan Gunung Arjuno. Nama gunung ini memang tidak sepopuler Gunung Semeru tapi medan yang dilalui akan benar-benar tidak pernah terlupakan, apalagi terdapat trek yang terkenal dengan nama tanjakan asu (anjing) atau tanjakan naga.
gunung welirang
Gunung Welirang, Gunung Kembar dari Gn.Arjuno
Gunung Welirang terletak di perbatasan kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jalur pendakian Gunung Welirang yang bisa dilalui adalah via Tretes. 

Rute menuju jalur pendakian Gunung Welirang via Tretes, dari Malang dan Surabaya langsung menuju Pandaan. Kemudian dari terminal Pandaan atau pasar buah bisa dilanjutkan naik angkot atau ojek menuju Tretes. Lokasi basecamp ada di seberang Hotel Tanjung.


Basecamp - Pos 1

Trek awal pendakian dari basecamp sudah berupa tanjakan makadam yang tersusun rapi. Semakin ke depan kemiringan mulai meningkat sehingga membuat boros tenaga. Jalan yang miring, menanjak dengan 4 belokan akan berakhir sekitar 20 menit, semakin dekat dengan pos 1, Pet Bocor. Untuk ke Pet Bocor setelah pertigaan ambil jalan ke kiri karena ke kanan merupakan jalur untuk ke tempat wisata air terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Alap-Alap.
 
Di Pet Bocor ada warung kecil untuk melepas lelah dan ada kamar mandi kecil juga. Di depan pos ada tempat yang cukup luas digunakan untuk camp, namun lebih baik tidak camp sedini mungkin karena perjalanan masih panjang. 


Pos 1 - Pos 2

Dari Pet Bocor sampai sekitar 1 km di depan, jalan berupa semen cor-coran sebelum berubah menjadi trek bebatuan yang tidak teratur. Jalur yang panjang, menanjak, berbatu dan berbelok-belok cukup menguras energi. Jalur seperti inilah yang akan mengantar hingga beberapa jam ke depan sampai ke puncak gunung Welirang.
jalur pendakian gunung welirang
Makadam Jalur Tretes
Kurang lebih 3 jam akan sampai di pos 2 Gunung Welirang, Kop-kopan. Ada sumber air untuk mengisi bekal air yang habis di perjalanan yang melelahkan. Ada warung kecil yang menyediakan gorengan dan minuman hangat. Dari Kop-kopan tampak Gunung Penanggungan yang kadang tertutup kabut. Di tempat ini bisa digunakan untuk camp karena dekat dengan sumber air sebelum melanjutkan ke pos 3.


Pos 2 - Pos 3

Perjalanan ke Pos 3-Pondokan, Gunung Welirang, masih dengan jalur makadam namun lebih menanjak lagi. Jalur dari Kop-kop’an sampai ke basecamp adalah jalur yang dilalui hardtop untuk membawa belerang turun, untuk itulah jalur makadamnya tidak beraturan. 
jalur pendakian gunung welirang via tretes
Jalur Tanjakan Asu
Jalur pendakian Gunung Welirang menuju ke pos 3 akan lebih menyiksa. Tanjakan yang tiada henti berada puncaknya ketika sampai di tanjakan “asu”, sebuah tanjakan yang cukup panjang dan melelahkan. Ini adalah tanjakan terakhir yang paling menanjak di sepanjang jalur. Pendakian selanjutnya melewati alas Lali Jiwo, semakin mendekati pos 3, Pondokan. 

Di pondokan ada beberapa tempat yang berbentuk rumah-rumah kecil untuk menyimpan belerang. Ada jalan kecil kekiri menuju ke pos Lembah Kijang, jika ingin melanjutkan Pendakian ke Gunung Arjuno. Di Pondokan bisa mendirikan tenda karena ada sumber mata air. Untuk menuju sumber air, harus turun kebawah ke arah sungai di dekat rumah-rumah penyimpanan belerang.

Baca Juga :

Pos 3 - Lapangan

Summit ke puncak Gunung Welirang, jalur yang dilalui masih belum berubah, berbatu dan menanjak. Perjalanan mengelilingi bukit terjal untuk mencapai puncak. Sekitar 2 jam pendakian akan tiba di sebuah lapangan luas dengan beberapa bagian teduh yang bisa digunakan untuk beristirahat lama.


Lapangan - Puncak

Selepas lapangan menuju ke puncak Gunung Welirang akan melewati sisi bukit dimana sebelahnya jurang dan tampak pemandangan deretan Gunung Kawi dan Gunung Buthak. Mendekati batas vegetasi, bau belerang sudah tercium dan asapnya tampak mengepul dari kawah belerang. Ada jalur menuju ke kawah belerang dan ada juga jalur menuju puncak. Puncak adalah jalur yang paling ujung dan tinggi. Biasanya ketika mencapai dataran tertinggi ternyata puncak masih ada di depan, jadi waspadalah agar tidak keliru.
pendakian gunung welirang
Melewati Sisi Bukit
kawah belerang
Kepulan Asap Belerang dari Kawah
Puncak Gunung Welirang tidak begitu luas. Disini tampak jelas kawah belerang yang mengepul. Dari puncak Gunung Welirang yang panas menyengat akan tampak Gunung Penanggungan, sementara puncak Ogal Agil Gunung Arjuno tampak runcing dari kejauhan dengan latar belakang Gunung Semeru.
puncak gunung welirang
Puncak Welirang 3156 mdpl
Tips Pendakian Gunung Welirang via Tretes :
  1. Warung di Pet Bocor buka sepanjang hari, sedangkan warung di Kop-kop'an biasanya buka hanya di akhir pekan, jadi pertimbangkan untuk logistik.
  2. Sumber air bersih ada di pos Kop-kop'an, sedangkan tempat untuk mengambil air di Pondokan sangat kotor meski sumber airnya bersih. Jangan menambahi dengan membuang sampah di sungai.
  3. Waspadai ada beberapa jalur percabangan di area berpasir, seperti jalur ke arah kawah belerang, jelur ke puncak dan jalur lainnya.
  4. Bawa masker untuk melindungi dari bau belerang.
  5. Segera turun jika cuaca buruk.
pondokan
Cheers... "Tim Hore"

Itinerary pendakian gunung Welirang via Tretes:
Basecamp - Pet Bocor : 20 menit
Pet Bocor - Kop'kopan : 3 jam
Kop'kopan - Pondokan : 3 jam

Pondokan - Puncak : 3 jam
loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

7 Responses to "Pendakian Gunung Welirang 3.156 mdpl via Tretes"

  1. keren
    sudah ke Kawah ijen Banyuwangi belum guys?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah guys.. :D ada di postingan,, hehehee balasnya kelamaan yaa :P

      Delete
  2. Rombongan pramuka uin malang akan berangkat ke gunung ini besok doain selamat gan hahaha

    ReplyDelete
  3. Sepertinya jalur pendakian ke g. Welirang bisa bikin dengkul gemeteran :D

    ReplyDelete