Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari, Menembus Jalur Spiritual - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari, Menembus Jalur Spiritual

Gunung Arjuno tergolong salah satu gunung dengan pendakian yang cukup berat di Jawa. Di samping jalur tretes yang populer, pendakian via Purwosari adalah salah satu jalur yang sangat menarik. 

Suasana mistis dengan berbagai situs peninggalan Kerajaan Majapahit dan tempat-tempat pemujaan ditemukan di sepanjang jalur pendakian. Inilah kenapa pendakian Gunung Arjuno via Purwosari disebut sebagai pendakian spiritual.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl, terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Arjuno masuk di dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur dan merupakan gunung berapi istirahat.

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Arjuno, yaitu :
  1. Jalur pendakian via Purwosari 
  2. Jalur pendakian via Lawang
  3. Jalur pendakian via Batu 
  4. Jalur pendakian via Tretes 
  5. Pendakian via Karangploso
  6. Pendakian via Sumberawan

Transportasi ke Basecamp Purwosari

Jalur pendakian Gunung Arjuno via Purwosari dimulai dari Desa Tambak Watu, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. 

Ada beberapa alternatif cara ke basecamp Purwosari, yaitu :
  1. Dari Malang : Naik angkutan umum dari Terminal Arjosari ke pasar Purwosari. Lanjut naik ojek menuju pos perijinan Dusun Tambak Watu. 
  2. Dari Surabaya : Naik bus tujuan Malang, turun di kantor pegadaian Purwosari. Untuk ke basecamp bisa menggunakan ojek yang ada sepanjang malam.
  3. Dari Jakarta : Naik kereta dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Lawang. Lanjut naik angkot atau ojek arah Surabaya, turun di kantor pegadaian. Lanjut naik ojek ke basecamp.


Info & Tips : 
  • Tarif ojek sekitar Rp. 30.000 (negoisasi) dengan waktu ±30 menit.
  • Pos perijinan ada di samping kantor pegadaian. 

Peta Jalur Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Peta Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari tidak hanya didatangi oleh para pendaki saja, tetapi juga pelaku spiritual, karena di sepanjang jalur pendakiannya ada beberapa tempat yang dikhususkan untuk kegiatan spiritual.

Mulai November 2019, pendakian Gunung Arjuno menggunakan sistem booking online untuk setiap jalur resmi, yaitu pos Tretes, pos Tambaksari (Purwosari), via Lawang dan pos Sumber brantas. 
Baca : Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno 
Jadi lengkapi persyaratan pendakian dengan berkas tersebut. 

Pendakian Gunung Arjuno

Basecamp - Pos 1 Onto Boego

Dari Tambak Watu melanjutkan perjalanan menuju ke Pos 1 di jalur landai dengan pepohonan kopi di sekitarnya. Banyak persimpangan di jalur menuju pos 1, dan ikutilah pipa air yang ada. 

Jika tersesat jangan ragu untuk bertanya pada penduduk sekitar yang melintas atau bisa bermalam menunggu pagi. Onto Boego dengan ketinggian 1.300 mdpl merupakan salah satu situs pemujaan yang pertama ditemui di jalur pendakian. Baca : Mitos dan Situs Pemujaan Sipitual Gunung Arjuno

Pos 1 Onto Boego - Pos 2 Tampuono

Menuju pos 2, jalur pendakian masih berupa tanah padat berkelok dan menanjak. Jalur sudah memasuki hutan dengan pepohonan besar yang rapat. Pos 2 - Tampuono, ditandai dengan adanya warung untuk melepas lelah dan ada beberapa gubuk yang biasa digunakan para peziarah.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Pos 2 - Tampuono

Gubuk yang berada tepat di pos 2 adalah petilasan Eyang Sekutrem. Di pos 2 ini juga terdapat Sendang Dewi Kunti untuk mengisi perbekalan air. Untuk menuju ke Sendang Dewi Kunti, ikuti jalan paving ke arah kiri. Disana ada beberapa bangunan lagi sebagai tempat pemujaan dan juga gubuk untuk para peziarah.

Pos 2 Tampuono - Pos 3 Eyang Sakri

Jarak dari pos 2 ke pos 3 tidak jauh, jalan menanjak yang santai akan membawa sampai ke pos 3. Ada papan berisi petunjuk jalan di pertigaan ketika hampir sampai di pos 3, ikuti jalan ke arah jalur pendakian Gunung Arjuno. Ada satu shelter di pos 3 yaitu petilasan Hyang Sakri.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Pos 3 - Eyang Sakri

Pos 3 Eyang Sakri - Pos 4 Eyang Semar

Selepas dari pos 3, jalur pendakian mulai menanjak. Jika sebelumnya berupa tanah padat, akan berubah menjadi batuan. Sesampainya di atas, jalan mulai landai dan kembali masuk ke hutan dengan pepohonan rindang.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Trek Landai Menuju Pos 4

Tak jauh di tengah hutan, ada sebuah gubuk bertuliskan "Rahayu", yang ditulis dalam aksara jawa. Meski sebagai tempat pemujaan para peziarah, gubuk ini cocok untuk tempat istirahat sejenak, karena lokasinya yang teduh dan sunyi. Enak lah pokoknya

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Pondok Rahayu

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Pos 4 - Eyang Semar

Selepas dari gubuk, jalur pendakian Gunung Arjuno tetap menanjak dengan trek tanah padat yang didominasi akar-akar pepohonan dan batu-batu besar. Pendakian sangat menguras tenaga hingga sampai di pos 4. Di tempat ini ada sumber air, kecuali musim kemarau.

Ada Pondok Konservasi Treppa dan juga gubuk-gubuk lain yang bisa digunakan untuk beristirahat. Di bagian atas ada patung Eyang Semar dan sebuah tempat pemujaan dengan beberapa dupa yang masih tertancap. Tempat ini dipercaya sebagai tempat moksa Eyang Semar.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Pemujaan Eyang Semar


Pos 4 Eyang Semar - Pos 5 Mangkutoromo

Perjalanan dari pos 4 ke pos 5 tidak jauh. Jalurnya tetap menanjak berbelok-belok hingga menemukan candi yang besar dengan punden berundak di tengahnya. Itulah petilasan Mangkutoromo.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Mangkutoromo

Mangkutoromo adalah tempat camp favorit di sepanjang jalur pendakian Gunung Arjuno via Purwosari. Selain ada sumber air, tempat yang sangat luas dan gubuk untuk bermalam, ada beberapa tanaman yang bisa dimasak seperti paku-pakuan, jamur, dan lain sebagainya. 

Jangan ragu untuk bertanya, berbincang atau meminta bantuan ke penjaga hutan Mangkutoromo yaitu Pak Parto yang tinggal di gubuk sebelah kiri petilasan. 

Bapak dengan gaya khas aki-aki di jaman Kamandanu yang memiliki pusaka panah Arjuno ini tak akan segan memberi petunjuk bagi para pendaki. Ada beberapa anjing hutan di sekitar Mangkutoromo. Namun tenang, anjing jinak ini adalah peliharaan Pak Parto.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Pusaka Panah Arjuno

Ada beberapa mitos Gunung Arjuno yang perlu diketahui sebelum melanjutkan pendakian, seperti beberapa pantangan yaitu, jika jumlah ganjil maka haruslah membawa tongkat, tidak menggunakan pakaian berwarna merah dan untuk wanita yang sedang haid lebih baik tidak melanjutkan perjalanan. 

Sebelum melanjutkan perjalanan, cukupkan perbekalan air karena sumber air terakhir hanya ada di Mangkutoromo.

Pos 5 Mangkutoromo - Pos 6 Candi Sepilar

Selepas dari Mangkutoromo, jalur pendakian Gunung Arjuno berupa punden berundak yang lumayan tinggi dan cukup membuat ngos-ngosan. Sampai diatas akan menjumpai Candi Sepilar yang bentuknya mirip dengan petilasan Mangkutoromo namun lebih kecil.

Pos 6 Candi Sepilar - Pos 7 Jawa Dwipa

Trek mulai menanjak di tengah hutan yang didominasi pohon pinus. Tidak ada tempat datar di sepanjang jalur pendakian hingga sampai di Pos 7. Pos 7 - Jawa Dwipa, adalah lokasi camp favorit setelah Mangkutoromo. 

Meski tidak ada sumber air, lokasi ini cukup luas untuk membuat 4-5 tenda. Siapkan stamina di pos Jawa Dipa ini karena selepas Jawa Dipa, trek akan membutuhkan tenaga yang sangat ekstra.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Pos 7 - Jawa Dwipa

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Trek Menuju Bukit Penyesalan

Pos 7 Jawadwipa - Plawangan

Selepas Jawa Dwipa, tidak ada ampun untuk trek yang akan dilalui menuju Plawangan. Trek yang sangat menanjak tanpa bonus di tengah hutan pinus dijamin sangat melelahkan.

Ini adalah trek terpanjang yang dinamai bukit penyesalan dimana ketika sampai di atas, masih ada bukit yang harus didaki lagi. Ini adalah jalur pendakian Gunung Arjuno yang paling menguras tenaga.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Plawangan

Plawangan - Puncak Arjuno

Semakin dekat ke Plawangan, jalur lumayan landai dan tinggal mengikuti jalur ke kiri memutar bukit hingga sampai Plawangan. Plawangan adalah pertigaan dimana ada petunjuk arah untuk ke puncak Gunung Arjuno dan jalur via Lawang

Ada beberapa tempat datar yang bisa digunakan untuk beristirahat atau membuat tenda kecil maupun shelter, lokasinya ada di sekitar jalur ke arah puncak.

Dari Plawangan ke Puncak Gunung Arjuno, jalur masih menanjak didominasi pepohonan cantigi. Tidak dibutuhkan waktu lama, ketika sampai pada daerah bebatuan, puncak Ogal Agil sudah nampak dan hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga sampai di Puncak Gunung Arjuno. Di puncak Arjuno, tampak Gunung Welirang dan juga Gunung Semeru.

Tips Pendakian Gunung Arjuno : 

  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. 
  2. Terdapat air di sepanjang jalur hingga Mangkutoromo, tapi jika musim kemarau, air terbatas dan hanya bisa ditemukan di pos tertentu seperti di Pos 2 - Tampuono dan Mangkutoromo. 
  3. Ada warung di Pos 2 - Tampuono, yang cocok untuk beristirahat. 
  4. Jangan merusak tempat pemujaan atau situs yang ada di sepanjang jalur pendakian. 
  5. Lokasi camp yang strategis adalah di Mangkutoromo karena ada shelter dan sumber air. Tidak ada salahnya jika ingin camp di Jawadwipa untuk mengejar waktu summit. 
  6. Hormati peraturan yang ada di sepanjang jalur pendakian, mengingat purwosari adalah jalur pendakian spiritual yang berhubungan dengan hal mistis. 
  7. Jika cuaca buruk, segera turun dari puncak karena rawan sambaran petir, atau bisa menunda waktu ke puncak. 
  8. Jika ingin lintas jalur, ada sedikit tempat datar di dekat Plawangan untuk mendirikan tenda.
  9. Jangan membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme di sepanjang jalur pendakian khususnya pada candi dan batuan di puncak Arjuno.
Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari
Cheers...

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Arjuno :

Basecamp - Pos 1 : 1 jam
Pos 1 - Pos 2 : 1 jam
Pos 2 - Pos 3 : 10 menit
Pos 3 - Pos 4 : 1 jam 30 menit
Pos 4 - Pos 5 : 40 menit
Pos 5 - Pos 6 : 20 menit
Pos 6 - Pos 7 : 1 jam 45 menit
Pos 7 - Plawangan : 3 jam 30 menit
Plawangan - Puncak : 1 jam

Informasi Gunung Arjuno via Purwosari :

  • Tinggi : 3.339 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano tipe A
  • Wilayah : Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang.
  • Pengelolaan : Taman Hutan Raya Raden Soerjo
  • Letusan Terakhir : 1952
  • Puncak : Puncak Ogal Agil
  • Sumber Mata Air : Pos 2 Tampuono, Pos 4 Eyang Semar, Pos 5 Mangkutoromo.
  • Camp Ideal : Mangkutoromo, Jawa Dwipa.
  • Durasi Pendakian Normal : 3 hari
  • Tempat Spiritual : Onto Boego, Tampuono, Eyang Sakri, Eyang Semar, Mangkutoromo. 
  • View Gunung :  Gunung ArjunoGunung SemeruGunung KawiGunung ButakGunung Penanggungan
  • Wisata Sekitar : Putuk Lesung, Taman Safari Prigen.
  • Lokasi Basecamp Purwosari : Tambak Watu, Tambak Sari, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Purwosari : 0856-4859-5150 (Basecamp merah putih Pandean)
  • Simaksi : Rp. 15.000